KETAHUI KEGAGALAN DIET DAN CARA DIET SEHAT

Wanita mana yang tidak ingin memiliki badan langsing? Tampaknya, semua wanita mendambakan tubuh yang sangat ideal. Apalagi bagi wanita yang merasa memiliki bobot badan berlebihan. Berbagai macam cara dilakukan agar bisa menurunkan berat badan. Cara tersebut dilakukan dengan diet.

Namun sayangnya, tidak semua orang berhasil menurunkan berat badan dengan cara diet. Bahkan diet justru  membahayakan bagi diri sendiri. Namun kini Anda tidak perlu cemas. Ada cara diet sehat yang bisa Anda lakukan sebagai solusi menjadikan badan Anda tampil sempurna tanpa tumpukan lemak yang mengganggu penampilan.

Beberapa dari Anda mungkin memliki persepsi sendiri tentang bagaimana seharusnya menurunkan berat badan. Dari mencoba diet sendiri sampai olahraga, minum obat pelangsing, jamu, akupunktur, sampai perawatan tubuh yang bernilai jutaan rupiah.  Dengan cara tersebut mungkin banyak yang berhasil, namun tidak sedikit juga yang gagal. Banyak yang mengeluh sudah diet tapi berat badan sulit turun malah yang sering terjadi naik lagi. Ada yang turun tapi juga mudah sekali bertambah lagi.

Bila itu terjadi, cermati kembali pola diet Anda. Diet untuk menurunkan berat badan pada dasarnya bukan untuk masalah penampilan. Hal terpenting adalah alasan kesehatan. Berat badan berlebih apalagi obesitas dapat meningkatkan resiko penyakit dan memicu masalah seputar kesehatan.
Jika Anda merasa upaya diet Anda mentok bisa jadi anda terjebak dalam lubang diet. Ada lima kesalahan paling umum, yang sering dilakukan para pelakut diet. Dikutip dari vivanews.com, menurut Bethenny Frankel, ahli nutrisi sekaligus koki handal khusus menu alami kalangan selebriti AS terdapat lima kesalahan utama dalam melakukan diet. Kelima hal tersebut adalah :

1. Menyimpan untuk acara khusus
Sering kali orang menahan tidak makan karena ada acara spesial. Melewatkan makan hanya demi terpuaskan dengan menu acara khusus adalah kesalahan besar. Justru sikap ini akan semakin menggoda Anda memasukkan banyak kalori ke dalam tubuh. Belum lagi jenis makanan dalam pesta sering mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Jika Anda tahu akan tergoda saat pesta atau acara berlangsung, sangat penting untuk melakukan pilihan pintar. Jangan makan lebih sedikit daripada asupan normal harian, atau Anda hanya akan menghancurkan program begitu makanan lezat berkolesterol tinggi di pesta berada di jangkauan Anda.

2. Terlalu ketat dengan salad dan sayuran
Tidak ada yang salah dengan menambah asupan sayuran dalam diet Anda. Namun berpikir semua sayuran aman tidak akan membantu Anda mengurangi bobot tubuh. Tentu kacang merah, selada kriting, tomat, sangat baik untuk tubuh, tapi waspadalah dengan sausnya. Saus salad dapat menjadi jebakan kalori Anda.
3. Olahraga berlebihan
Setiap orang paham jika diet adalah masalah program tubuh. Anda harus membakar kalori lebih banyak dari yang Anda konsumsi. Tapi jangan terlalu banyak berolahraga hingga kelelahan. Jika Anda bergerak terus di atas treadmill misal tanpa bahan bakar cukup justru Anda akan mengakhiri olahraga dengan perut lapar dan tentu membuat Anda tergoda lagi untuk memasukkan makanan. Tetap jaga semua secukupnya. Terus berolahraga tapi jangan sampai maniak berolahraga.

4. Berpikir setiap hari adalah sama
Misal, setiap hari Anda sarapan dadar telur putih untuk sarapan, yoghurt untuk kudapan tengah hari, sup dan salad sebagai menu makan siang, hanya saja hari ini ada lapar pada pukul 3 sore. Sering kali para pelaku diet mengatakan pada diri sendiri untuk menghiraukan tanda-tanda rasa lapar dan mencoba tidak makan apapun hingga makan malam. Masalahnya anggapan ini justru membuat diet anda gagal.
Setiap hari adalah berbeda. Anda mungkin lelah, ada pengaruh hormonal berbeda, atau hanya sekedar lebih lapar di hari ini. Anda perlu mendengarkan tubuh anda. Jika anda lapar makan kudapan kecil. Pelajari perbedaan antara lapar sesungguhnya dan keinginan ngemil, dan respon dengan tindakan benar.

5. Memakan terlalu sedikit kalori
Jangan terlalu takut dengan makan. Banyak orang khususnya wanita menjaga asupan kalori begitu berlebihan hingga tampak konyol. Lucunya mereka langsung kalah secara emosional ketika gagal memenuhi target mereka. Setiap orang berbeda, jadi jangan terlalu fokus terhadap jumlah. Jaga porsi tetap seimbang.
Nah, jika sekarang Anda tela mengetahui hal-hal apa saja yang menjadikan diet Anda gagal, tentu Anda tidak ingin melakukan kegagalan tersebut. Berikut adalah cara diet sehat yang bisa Anda lakukan.
• Pada saat sarapan kalau bisa pilih menu makanan yang tinggi seratnya ditambah minuman jus jeruk
• Kalau suka minum teh, mendingan minum teh hijau setiap hari dimana dapat membantu membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari
• Kalau suka minum susu, sebaiknya jangan pilih yang fullcream. Silahkan konsumsi minuman susu yang rendah lemak
• Perbanyak minum air putih. Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan haus. Saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), Anda akan mengkonsumsi makanan (yang sebetulnya tidak perlu Anda konsumsi) lalu, bagaimana cara membedakannya? Minum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah Anda masih lapar. Jika ya, berarti Anda memang lapar.
• Makan dengan cara perlahan. Mengapa orang Amerika lebih rentan terkena obesitas daripada orang Prancis? jawabannya, bukan saja karena porsi makan orang Amerika lebih banyak, tetapi juga karena orang Prancis sangat menikmati makanan mereka dalam setiap kunyahan, sehingga cenderung makan secara perlahan. Hal ini menyebabkan perut akan lebih cepal terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi Anda yang belum terbiasa, coba trik ini: letakkan sendok atau garpu saat Anda sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya.
• Gunakan piring yang lebih kecil. Kebiasaan di negara kita adalah menghabiskan makanan yang tersaji di piring, berapa pun jumlah kalori makanan dan ukuran piring tersebut. Untuk menyiasatinya, gunakan piring yang berukuran lebih kecil. Anda akan merasa kenyang dengan makan lebih sedikit.
• Batasi karbohidrat. Makanan tinggi protein, misalnya ikan, merupakan pilihan makan malam terbaik untuk mengkontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai energi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s