MENGULIK KEUNIKAN BINTANG LAUT

Kalau melihat bintang kecil di langit, kayaknya udah biasa kali ya. Secara setiap malam kalau nggak hujan, langit pasti ditaburi bintang kecil yang lucu. Tapi kalau melihat bintang laut? Nggak setiap hari kan? Kita harus pergi dulu ke pantai, bahkan harus mencari ke dasar laut untuk bisa menemui bintang laut. Eits! Nggak ding, di TV juga kita bisa lihat setiap hari. Tuh si Patrick teman si Sponges Bob. Hehe.
bintang laut dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan starfish ada juga yang menyebut sea star. Meski hidup di laut, binatang ini bukan dikategorikan sebagai ikan. Walaupun nggak sedikit orang berasumsi bintang laut masih sejenis ikan.
Padahal, hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Buat kamu sudah belajar biologi, pasti hafal deh dengan istilah-istilah ini. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Bintang laut nggak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. Rangka mereka berfungsi sebagai perlindungan. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bagian ventral lengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan.
Lengan bintang laut memberikan bentuk bintang. Makanya, disebut Star fish karena memang bentuknya menyerupai bintang. Kebanyakan bintang laut memiliki lima lengan dan terlihat seperti bintang lima. Bintang laut lainnya memiliki enam, tujuh, atau lebih lengan. Beberapa hanya memiliki empat lengan. Ada sekitar 1.500 jenis bintang laut.

BAGAIMANA CARA JALANNYA?
Layaknya binatang-binatang laut, kalau ikan biasanya berjalan karena bisa dibantu ekor, nah kalau bintang laut? Dia kan bentuknya sama ya. Antara kaki dan lengat sulit dibedain. Bintang laut sebenarnya adalah makhluk hidup yang bebas, namun dikarenakan ketiadaannya organ gerak yang memadai, bintang laut hanya bergerak mengikuti arus air laut. Nah, karena bintang laut ini punya keterbatasan organ, bintang laut menggunakan kaki pada lengan untuk bergerak. Kaki khusus ini disebut kaki tabung karena mereka seperti tabung hampa. Tabung memiliki cangkir isap kecil di ujung.

Kaki tabung yang disebut tabung atau kanal menyambung ke saluran yang berjalan di tengah-tengah lengan. Kanal menyambung ke saluran cincin di sekitar pusat tubuh bintang laut itu. Semua tabung berlubang di bintang laut berisi dengan air. Tabung berisi air membuat bintang laut cukup kaku untuk berjalan karena bintang laut tidak memiliki tulang.

Bintang laut mendesak air keluar dari kaki tabung untuk menggerakkan lengannya ke depan. Ia menggunakan cangkir isap pada kakinya untuk melekat ke sebuah permukaan (tempat berpijak). Kemudian, bintang laut menggunakan otot di dasar kaki tabung untuk menarik diri sendiri ke depan. Bintang laut berjalan dengan melakukan hal ini berulang-ulang. Tapi si Patrick keren ya, dia bisa jalan kayak manusia. Bintang laut macam apa tuh ya? Hehe.

Kalau lengan bintang laut terputus, bintang laut dapat menumbuhkannya lagi. Lengan yang patah bahkan dapat tumbuh menjadi bintang laut baru. Keren!
Yang lebih keren nih, mereka punya saraf-saraf di lengan mereka yang bisa menyentuh, mencium, dan merasakan sesuatu. Bintang laut juga bisa mendeteksi gelap atau terang dengan sebuah titik. Wah, memang ya, meskipun ada kekurangan, dia juga punya kelebihan yang amazing! Terus bintang laut makan nggak ya?
Dia juga makan! Bintang laut memakan binatang lainnya yang hidup di laut. Mereka suka binatang yang bercangkang, seperti kerang dan siput. Mereka juga punya cara makan yang aneh. Mulutnya ada ditengah-tengah tubuhnya. Mereka ngga punya gigi. Mulutnya langsung terhubung dengan perutnya yang seperti tas.
Kalau sudah waktunya makan, mereka menggunakan lengan dan kaki tabungnya untuk membuka cangkang kerang, siput laut, atau tiram. Lalu dia mengeluarkan perutnya dan mendorong perutnya ke dalam cangkang. Perutnya membungkus dan memakan tubuh lembut dari si mangsa. Bintang laut mencerna makanannya di luar tubuhnya. Hemm, kebayang ngga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s