SESUAIKAN SAMPO DENGAN JENIS RAMBUT

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Keindahan rambut seseorang akan memancarkan pesona yang indah pula bagi wajah. Maka alangkah baiknya jika Anda merawat mahkota tersebut dengan baik. Salah satunya dengan menyesuaikan sampo yang Anda gunakan dengan jenis rambut Anda.

Selama ini mungkin tidak terlalu diperhatikan masalah sampo. Yang penting saat keramas menggunakan sampo. Tanpa Anda sadari apakah sampo yang Anda gunakan sesuai jenis rambut Anda atau tidak. Nah, hal seperti ini harus menjadi perhatian. Karena rambut akan semakin indah jika menggunakan sampo yang sesuai kebutuhan rambut Anda.
Jenis-jenis rambut terdiri dari rambut berminyak, kering, tipis, tebal, keriting, dan lurus. Berikut penulis paparkan jenis sampo dan perawatan yang baik sesuai dengan jenis rambut Anda.
 Rambut Berminyak
Rambut berminyak disebabkan akibat rambut kurang terpancar sinar matahari. Atau setelah melakukan aktivitas seharian yang menimbulkan keringat di kulit kepala Anda bisa juga salah satu faktor yang menyebabkan rambut berminyak .
Terlalu banyak minyak dapat membuat rambut Anda terlihat kotor dan tidak mengembang. Jika rambut dan kulit kepala Anda berminyak sebaiknya Anda jangan menggunakan sampo atau conditioner yang terlalu berat untuk rambut Anda. Jika hanya kulit kepala yang berminyak maka gunakan sampo untuk rambut berminyak dan conditioner untuk rambut kering untuk menyeimbangkan. Anda bisa bersihkan rambut setiap dua hari sekali. Anda mungkin ingin sering mencuci rambut Anda tapi kelenjar minyak pada kulit kepala dapat terstimulir akibat pijatan sehingga semakin sering mencuci rambut, kulit kepala menjadi semakin berminyak.
 Rambut Kering
Rambut menjadi kering biasanya disebabkan terlalu seringnya rambut dikenakan alat listrik seperti saat catok. Terlalu sering diwarnai atau dikeriting juga dapat melemahkan struktur rambut dan menyebabkan kerusakan. Begitu juga paparan berlebihan terhadap panas dari pengering rambut, pengeriting, roller yang dipanaskan dan alas-alas styling listrik lainnya. Paparan sinar matahari atau saat berenang di kolam juga dapat membuat rambut Anda menjadi kering. Untuk memulihkan rambut ke kondisi alamiahnya. Cobalah tehnik dengan menggunakan sampo dan conditioner yang melembabkan yang dirancang untuk rambut kering dan rusak. Kurangi pemakaian hairdryer, besi pengeriting dan lainnya. Gantilah peralatan secara teratur karena thermostat yang mengatur panas akhirnya akan rusak. Saat ke pantai atau berenang Anda bisa gunakan produk leave in untuk melindungi rambut Anda. Berilah perawatan deep conditioner sekali seminggu.

 Rambut Tipis
Rambut tipis bisa saja karena faktor bawaan sejak kecil. Namun jika faktor ini alasannya, banyak cara yang bisa membuat rambut Anda menjadi sedikit tebal. Kebanyakan yang memiliki rambut tipis ini merasa minder karena rambutnya tidak bisa divariasikan. Mulai sekarang Anda tidak usah khawatir. Karena rambut tipis pun Anda bisa tampak cantik. Lakukan tehnik sederhana berikut untuk menciptakan ilusi rambut yang lebih tebal. Pilihlah potongan rambut rata untuk membuat rambut Anda terlihat lebih penuh dan lebih mengembang pada ujungnya. Jangan panjangkan rambut Anda terlalu panjang. Semakin panjang rambut Anda maka semakin terlihat jarang. Oleskan conditioner pada panjang dan ujung rambut. Jangan pada akar rambut. Sekalipun tergoda untuk meninggalkan conditioner maka menggunakannya justru membantu mencegah ujung rambut terbelah dan rusak yang membuat rambut halus terlihat lebih tipis.
 Rambut Tebal
Rambut tebal diidamkan banyak orang. Namun akan menjadi tidak indah jika tidak dirawat dengan baik. Banyak orang dengan rambut tebal mengeluh kulit kepala bersisik dan gatal. Biasanya disebabkan pembilasan yang kurang bersih sesudah mencuci rambut. Sabun di dalam sampo meninggalkan residu yang menempel pada kulit kepala, menyebabkan kering dan iritasi. Jika Anda ingin rambut lebih tebal paling sehat sebaiknya potonglah rambut panjang atau pendek. Potongan rambut pendek membuat rambut tetap terkendali. Sebaliknya, rambut yang panjang justru menariknya. Potongan rambut panjang sedang cenderung membuat rambut mengarah keluar di ujungnya. Potong rambut dengan di layer untuk mengurangi ketebalan rambut. Jangan potong layer yang pendek atau mereka akan menambahkan volume ekstra. Jika Anda mewarnai rambut Anda, pilihlah pewarna semi-permanent yang tidak memiliki efek penebalan yang sama dengan pewarna rambut permanent dan bleach.
 Rambut Keriting
Salah satu masalah terbesar dengan rambut keriting adalah kurang mengkilap. Berbeda dengan rambut lurus yang cenderung memiliki kilap yang alamiah, rambut keriting memiliki permukaan tidak datar sehingga tidak memantulkan cahaya secara sangat baik. Artinya semakin keriting rambut maka semakin terlihat lebih kusam. Untuk itu, Anda bisa mencuci rambut Anda dengan sampo dan conditioner yang membantu mengunci serta menghaluskan permukaan rambut sehingga terlihat lebih berkilau. Gunakan sisir bergigi lebar untuk membantu menyebarkan conditioner secara lebih merata. Anda juga bisa gunakan sampo clariying sekali seminggu untuk membersihkan timbunan produk yang membuat rambut terlihat kusam. Bilaslah rambut dengan air dingin untuk mengunci permukaan, yang membantu membuat rambut memantulkan cahaya secara lebih baik. Sesudah itu rambut dicuci, tekan-tekan dengan handuk yang menyerap dan tebal.

 Rambut Lurus
Banyak perempuan yang mengidamkan rambut lurus. Sampai-sampai harus di rebonding demi mempunyai rambut lurus. Namun akan menjadi lebih indah jika rambut lurus mendapat perawatan yang baik pula. Karena rambut lurus terletak rata pada kulit kepala sehingga dapat mengakumulasi minyak, membuat rambut terlihat kusam. Untuk menghindari hal ini, gunakan sampo deep cleaning setiap hari dan treatment gel seminggu sekali untuk mencegah timbunan minyak.

Sebelum berbicara mengenai sampo apa yang sesuai dengan jenis rambut Anda, alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui jenis-jenis rambut. Dari situ Anda akan tahu, rambut Anda termasuk jenis rambut apa dan nantinya lebih mudah menentukan sampo apa yang akan Anda digunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s