Prospek Kerja Lulusan Komunikasi

Konon kabarnya bidang komunikasi merupakan bidang yang semakin menjanjikan dimasa mendatang. Karena memiliki prospek kerja yang jelas, luas dan terarah. Tidak heran kalau saat ini bidang komunikasi banyak diminati oleh masyarakat khususnya kaula muda. Lantas timbul pertanyaan, mengapa bidang komunikasi banyak diminati? Alasan dari banyak orang untuk memilih ilmu komunikasi sebagai latar pendidikannya adalah ilmu komunikasi bisa diaplikasikan dalam bentuk apapun dan tentunya tuntutan kebebasan berbicara dalam era globalisasi ini membuka hati setiap orang untuk lantang menyuarakan aspirasinya. Meskipun peluang kerja dibidang komunikasi cukup luas, tetapi untuk mencapainya diperlukan sebuah kemampuan yang mumpuni. Walaupun pada kenyataannya tidak menutup kemungkinan para lulusan bisa berada di profesi manapun. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa prospek pekerjaan untuk para lulusan komunikasi.

1. Konsentrasi Manajemen Media/Manajemen Komunikasi
a. Manajer/ Pengelola media komersial dan komunitas
b. Manajer Produksi dan Komunikasi Pemasaran Media
c. Konsultan Manajemen Media Komersial dan Media Komunitas.
d. Komunikasi Negosiasi
e. Komunikasi Pemasaran
f. Retorika dan Presentasi

2. Konsentrasi Public Relations
a. Public Relation Officer di instansi pemerintah, perusahaan swasta, media massa dan institusi/organisasi profesional
b. Media Relation Officer atau juru bicara instansi pemerintah,perusahaan swasta, media massa dan institusi/organisasi profesional
c. Analisis media/perencana media (Media Planner)

3. Konsentrasi Jurnalistik
a. Wartawan surat kabar, majalah, tabloid, radio, televisi dan media online
b. Editor berita surat kabar, majalah, tabloid, televisi, radio dan media online
c. Presenter, Kameramen, Script Writer program di televisi, radio dan agen promosi kehumasan.

4. Konsentrasi Broadcasting
a. Dai
b. Penyiar radio/televisi
c. Konsultan multimedia
d. Selebritis: Sutradara, pembuat film, artis

Selain beberapa prospek diatas, propspek lain dari ilmu komunikasi sebenarnya sangat tidak terbatas. Ilmu komunikasi sangat dibutuhkan dalam hal apapun, hal ini bisa kita lihat dari banyaknya instansi yang memaknai komunikasi adalah unsur penting dari kemajuan instansinya. Sehingga banyak instansi yang membuat sebuah media komunikasi yang bertujuan mempropagandakan dan menjadikan media itu sebagai alat persuasif kepada khalayak luas untuk memahami gagasan dari instansi itu.
Prospek kerja lulusan komunikasi tidak hanya berhenti dari sebuah perusahaan media yang besar atau pekerjaan yang sudah umum berhubungan dengan ilmu komunikasi, tapi kita bisa mengembangkan kreativitas kita dalam sebuah usaha baru yang tentunya sesuai dengan apa yang kita harapkan dan sesuai dengan gagasan kita.
Jadi, bagi para mahasiswa yang sekarang tengah menjalani kuliah, tidak perlu khawatir untuk mendapatkan pekerjaan. Karena banyak jenis pekerjaan yang menanti para lulusan komunikasi seperti yang telah diuraikan di atas. Yang mesti dilakukan untuk saat ini adalah belajar dengan sungguh-sungguh, memahami sebaik mungkin materi yang telah diajarkan oleh dosen agar nanti kedepannya lebih mudah untuk mendapatkan atau menciptakan pekerjaan.

Referensi : Berbagai Sumber

52 responses to “Prospek Kerja Lulusan Komunikasi

  1. bener nih,,,studi organisasi yg paling serius saat ini mempelajari apa yg dibicarakan atau aktivitas komunikasi sebagai alat analisisnya (karl e. weick). termasuk untuk menjelaskan fenomena lainnya. artinya kedepan semakin dibutuhkan. bener2 prospektive dech kebutuhan akan pakar komunikasi kedepan. salam,,,:)

    • Soal gaji, bergantung pada perusahaan tempat kita bekerja. Setiap perusahaan memberikan gaji karyawan berbeda-beda. yang pasti, semakin kinerja kita baik, gajinya juga akan tambah baik😉

  2. kak,
    saya mahasiswa komunikasi yang lagi bingung,
    kata orang lulusan komunikasi dah banyak ,
    trus kalo untuk pekerjaannya kedepan seperti humas katanya orang yang bukan jurusan komunikasi pun bisa masuk tanpa harus dari jurusan komunikasi.
    pendapat kakak gimana ?

    • Kalau dibilang lulusan komunikasi udah banyak, coba bandingkan sama lulusan pendidikan atau tekhnik, saya pikir masih lebih banyak mereka. kalau sudah di dunia kerja, emang sekarang2 ini banyak yang disoriented. Jurusannya di bidang apa, kerjanya di bidang apa.
      Menurut saya sih nggak masalah, bergantung apakah dia nyaman sama pekerjaannya atau nggak. Bedanya, orang yang bekerja sesuai disiplin ilmu pendidikannya akan lebih paham dan tahu banyak hal daripada orang yang nggak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

      Nggak hanya lulusan komunikasi, kok. Sekarang lulusan pendidikan aja misalnya, banyak yang kerja di Bank. Atau lulusan Sastra Indonesia juga ada yang jadi wartawan.

  3. salam ya… gw mahasiswa Komunikasi jg nih dari UIN Alauddin Makassar ada acara Munas IMIKI d Bandung tanggal 29 Nov 2012 ikut gak???😀

  4. yang penting fokus untuk menggali ilmu. prospek kerja tergantung kwalitas keilmuan dan nasib tentunya. Gelar tidak menjadi patokan suksesnya seseorang dalam bekerja

  5. ilmu komunikasi bisa krja d bank jd teller or c.service gk ?
    aku siswa SMA yg mch galau memilh jurusan. .

    • Alfa : sy kira klw bhs inggris saat ini diperlukan oleh siapapun, terutama mahasiswa karena banyak manfaat yg bs kita rasakan klw bs bhs inggris. Dan utk ilmu komunikasi memang lebih baik klw kita bs bhs inggris, klw berkomunikasi dgn org asing kn lbh mudah🙂

  6. Awal nya saya sangat tertarik dalam prodi psikologi,tapi benar2 di larang oleh orang tua saya…
    lalu saya bpingung harus masuk prodi yg mana,padahal saya hanya minat di psikologi..
    lalu guru saya menyarankan saya untuk memilih prodi ilmu komunikasi.. karena sgt cocok menurut guru saya..
    saya benar2 sgt awam sebenarnya tentang apa itu ilmi komunikasi..
    tp setelah membaca artikel ini,saya sudah merasa jelas-sejelas jelasnya. terimakasih kak

      • bisa untuk pertimbanganku,
        selain jur. ilmu komunikasi, apa lagi yang prospek kerjanya juga bagus untuk IPS kak ?? makasih

      • Syukur alhamdulillah klw begitu🙂
        Utk jurusan IPS sy pikir memiliki prospek pekerjaan yg luas juga. Guru, dosen, meteorolog, wartawan, kerja di Bank, ekonom, wah pokoknya banyak deh. Intinya adalah, sekrang kita sungguh2 aja dlu belajar. Krn klw prestasi kita bagus, insya allah gak akan sulit mendapat pekerjaan😉

  7. he’em .
    aq btuh pndpat kakak, aq lagi bngung mau ambil jursan apa,aq dah milih akuntansi trus masih sisa 2 pilihan enaknya diisi apa ya kak ??? di sertai alasannya ya kak ??
    MAKASIHH .

    • Hemmm, ini pasti keluhan calon mahasiswa. Apa yg menjadi hobi dan minat serta kesanggupan (finansial dan kemampuan) ini bisa menentukan jurusan apa yg mau kita ambil. Jangan sampai kita menyesal gara2 salah ambil jurusan.

      Sy g bisa merekomendasikan kamu harus ambil juran apa. Karena sy g tau latar belakang kamu. yg pasti, setiap ilmu studi semuanya bagus. sy hanya bs sarankan, jgn terpengaruh oleh teman2. Pikirkan ke depan, klw ambil jurusan A atau B, kira2 mampu atau tidak, suka atau tidak.

  8. Kadang kesel nya gini, di kantor2 sy ambil contoh PLN yah. Mereka kebanyakan merekrut pegawai lulusan teknik, pdhl akan ditempat kan di humas, bag hukum dll yg jelas tdk Ada hubungan sm teknik. Kdng kasian nya begitu lulusan ilmu komunikasi kyk kt ini (⌣́_⌣̀)

    • Begitulah kenyataan yg ada. Ini karena emang masih banyak yg belum paham, klw bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan akan lebih mumpuni. sehingga kadang dari perusahaan suka asal rekrut karyawan, atau para calon karyawan juga saking susahnya nyari kerja sesuai disiplin ilmu, jadi kerjaan apa aja juga dihajar….

  9. saya bisa di blg pendiem sih,cmn pas saya cari2 info tntng ilmu komunikasi saya tertarik ingin msk jurusan ini, kira2 nantinya bakal bisa jdi cerewet gak yah?

  10. ka aku baru lulus SMA dan saya di SMA jurusan IPA tp pas saya kelas 3 saya lngsung tertarik dngan jurusan komunikasi sedngkan komunikasi itu jurusan IPS, saya takut engga bisa ngejalaninnya ka, menurut kaka gimana?

    • Sy wktu SMA jg jurusan IPA, tp minat sy di bidang komunikasi. So sy pilih komunikasi saat kuliah. G da masalah yg bgtu berarti selama kuliah, ketika minat itu ada dan besar, percayalah, selalu ada cara utk menyelesaikannya. Krn kita enjoy menjalaninya.😉

  11. kak, mau tanya nih..
    saya anak IPS dan masih bingung tahun depan mau ambil jurusan apa? Dulunya saya tertarik dengan Sistem Informasi, tp karena saya anak IPS, saya tidak bisa masuk kesitu. terus setelah membaca artikel kakak di atas saya tertarik juga dengan ilmu komunikasi. Intinya saya suka hal hal yang berbau teknologi dan komputer. Saran kakak gimana ? bingung nih ..

  12. kak, jurusan komunikasi yang kira-kira gak lepas dari profesi penulis, bagian mana ya kak selain harus ke broadcasting ? PR bisa kak? pokoknya gak ngerepotin buat seorang wanita.🙂

  13. kak ntuh ikom kaga butuh persyaratan2 fisik kan? kayak psikolog/teknik yg harus kga minus ataupun buta warna, mohon pencerahannya kak u.u

  14. aku juga lagi galau nih ka, mau pilih jurusan kalau kehendak hati inginnya ke fikom, tapi kalo nuntut pekerjaan aku yang sekarang cocoknya ke administratif dan nanya sama temen sekantor jurursan yg prospek kerjanya bagus katanya akuntansi, arrggghh… makin bingung, ada saran ka ??? aku harap kaka nyaranin aku untuk ikutan kata hati, hihihi…. salam kenal ka😀

  15. Thanks ya kak buat artikel nya, jujur saya jadi lebih tau dan lebih tertarik untuk masuk jurusan ilmu komunikasi, minta do’a nya juga ya kak supaya bisa masuk PTN yang saya inginkan, WASALAM.🙂

  16. teh saya mau tanya tanya nih boleh kan ? hehe
    kan saya masih bingung nyari jurusan yg tepat , nah waktu saya baa tentang ilmu komunikasi minat saya muncul , tapi saya masih bingung buat ngambil konsentrasi yg mana , minta sarannya dong ka heheh

Tinggalkan Balasan

