Contoh Surat Lamaran Kerja

Kebanyakan orang masih bingung buat bikin surat lamaran kerja. Padahal dari jaman SMP sampe SMA udah diajarain tuh di pelajaran Bahasa Indonesia. But, emang sepengalaman saya, yang dipelajari waktu SMP atau SMA agak berbeda dengan sekarang. Kalau dulu kata guru Bahasa Indonesia harus ditulis di kertas folio yang gedenya bisa buat bungkus nasi uduk porsi jumbo, sekarang bisa kok ditulis di komputer/laptop. Secara teknologi makin maju. Jadi, segala sesuatunya mengikuti perkembangan. Tapi, emang sih masih ada aja orang yang ngelamar ditulis di folio kayak temen sesama pelamar saya waktu saya tes wawancara di salah satu media lokal di Banten, dia masih pake folio.

Saya juga termasuk orang yang pernah ngalamin bingung pas mau bikin surat lamaran. Karena jangan salah, surat lamaran itu fungsinya very very urgent. Di surat lamaran itulah tempat kita “menjual diri”. So, kita harus bikin sebagus dan semaksimal mungkin.

Nah, berikut ini saya mau share contoh surat lamaran yang pernah saya buat. Baik versi Bahasa Indonesia atau versi  Bahasa Inggris, surat lamaran ini saya ambil dari beberapa contoh dari internet kemudian saya buat versi saya sendiri. Mungkin ini juga bisa dijadikan referensi kamu, setelah itu buat versi kamu sendiri. Contoh surat lamaran ini diajukan untuk Tabloid Gaul dan Vivanews.com. Alhamdulillah dua-duanya di panggil wawancara, tapi pada akhirnya Tuhan memberi rezeki saya di Tabloid Gaul. Cekidot!
Contoh surat lamaran Bahasa Indonesia :

                                                                                       Pandeglang, 8 Mei 2012

Yth. Pimpinan Redaksi Tabloid Gaul
Di
Jln. Kedoya Duri Raya No. 36 Kebon Jeruk Jakarta 11520

Salam Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai reporter. Maka dengan ini, saya mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Saya lulusan jurusan Ilmu Komunikasi Untirta dengan IPK 3, 87. Saya memiliki pengalaman kerja sebagai reporter yang mengisi rubrik remaja di Xpresi Radar Banten, dan sebagai pers kampus di Untirta TV. Dapat bekerja di bawah tekanan, jujur, disiplin dan dapat berbahasa inggris tulis dan lisan dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan daftar riwayat hidup saya.

Demikian surat pengajuan lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Nurzahara Amalia

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris :

                                                                                     Pandeglang, May 8, 2012

HRD Vivanews.com
Menara Standart Chartered Floor. 31
Prof. Dr. Satrio street No. 164 Casablanca Jakarta 12930

Dear Sir/Madam

According information about job vacancy that i read on Vivanews.com, i wish to apply for the position of journalistic. I have high interesting in journalism and i have three years experience as a journalist at local newspaper in Banten (Radar Banten) and a year as journalist at television community (Untirta TV).

I graduated journalistic-communication majoring with GPA 3,87 at Untirta, honest, responsible, energetic, fast learner, discipline, and able to teamwork. As consideration, i also attach :

Curriculum Vitae
Current photograph

I would gladly welcome an opportunity to have an interview with you at your convenience. I hope my skills can be one of your company’s asset. I am looking forward to hearing from you in the near future. Thank you for your consideration and attention.

Sincerely yours,

Nurzahara Amalia

Semoga bermanfaat, dan semoga kamu bisa bekerja di tempat yang sesuai keinginan kamu🙂

Tinggalkan Balasan

