Nggak Selamanya Mimpi Itu Indah

Oneirophobia

Kata orang, mimpi itu indah, mimpi itu bunga tidur. Kalau bicara bunga pasti dong identik dengan keindahan. Tapi, kalau udah mimpi serem, apa masih dibilang indah? Hiii kayaknya nggak deh ya. Dan tahukah kamu, ada orang yang malah takut banget sama mimpi. Nah, ketakutan sama mimpi ini adalah salah satu phobia yang dinamakan oneirophobia.

Istilah oneirophobia berasal dari bahasa Yunani, Oneiro artinya mimpi dan phobia artinya takut. Phobia adalah ketakutan yang berlebih-lebihan terhadap benda-benda atau situasi-situasi tertentu yang seringkali nggak beralasan dan nggak berdasar pada kenyataan.  Oneirophobia  ini disebabkan dari kombinasi kejadian eksternal atau peristiwa traumatik dan juga kecenderungan internal atau keterunan. Biasanya, hal ini dipicu oleh pengalaman traumatis pada usia dini. Atau bisa jadi disebabkan oleh pengalaman negatif dari masa lalu. Bisa juga karena pikiran yang kamu ciptakan sendiri.
Gejala untuk oneirophobia, sama seperti halnya phobia-phobia yang lain. Biasanya meliputi kecemasan, ketakutan yang ekstrim, panik, sesak nafas, denyut jantung nggak teratur, berkeringat berlebihan, mual, mulut kering, ketidakmampuan mengartikulasikan kata-kata atau kalimat, dan gemetar.

Bagi penderita oneirophobia, biasanya gelisah sebelum tidur. Dia memikirkan hal apa lagi yang akan menjadi mimpi pada saat dia tidur. Dia merasa khawatir apakah saat tidur akan mimpi indah atau sebaliknya. Beberapa sumber mengatakan, ada cara untuk menyembuhkan atau meminimalisir phobia. Cara yang baik adalah dengan mendatangi psikiater untuk memberikan sugesti yang dapat menginstal ulang alam bawah sadar kita. Yang pasti, berdoalah sebelum tidur agar mimpi kita tenang dan esok paginya bangun dengan segar.

2 responses to “Nggak Selamanya Mimpi Itu Indah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s