Finally, AIYEP 2013

Akhir Maret 2013, tepatnya tanggal 26-28 di Mutiara Carita Village, saya (kembali) mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara 2013 setelah sebelumnya, tahun lau, saya juga ikut seleksi. Tetapi hasilnya gagal –belumrezeki.

Never give up! Mumpung masih muda, mumpung penasaran masih tinggi, akhirnya di tahun 2013 saya kembali ikut seleksi ajang tahunan ini. Secara umum proses seleksi nggak jauh beda dengan sebelumnya, bedanya tahun 2013 tes wawancara dan tes nulis esai-nya lebih banyak. Jika tahun lalu, saya pilih program SSEAYP (Ship for South East Asian Youth Program) , nah tahun ini saya pilih program AIYEP (Australia-Indonesia Youth Exchange Program). Alasannya? Ya karena SSEAYP jatah tahun ini untuk lak-laki.😀

FYI, di Banten, untuk informasi kuota emang nggak dikasih tau dari awal. Nah setelah proses seleksi, baru dikasih tahu. Untuk tahun 2013 ini, kuota untuk Provinsi Banten adalah 3 perempuan ke Cina, Australia dan Malaysia, dan 1 laki-laki ke ASEAN-Jepang. Masing-masing satu negara satu orang. Di antara tiga pilihan Negara untuk perempuan, nggak tahu awalnya kenapa saya pilih ke Australia.


Tahap demi tahap seleksi saya lalui, not bad lah. Tapi gak terlalu berharap banyak juga. Belajar dari pengalaman tahun lalu yang sempat di –PHP-in panitia, dan emang tahun ini pun participants nya luar biasa banget. Tapi, tahun ini, at the time, saya lebih bisa control emosi. Tetep stay cool walaupun dalam hati, “Ih gila si itu pinter banget?” “Parah… si itu nari nya total banget!” atau “haduuhh… si anu bicara bahasa inggrisnya cas ces cos!”
Saya tetap ngejaga kepercayaandiri saya biar nggak ngedrop, down dan give up! No no no! akhirnya dengan penuh semangat, PD (tapi nggak over showed up) disertai doa yang terus dipanjatkan, saya lalui tahapan seleksi demi seleksi. Hingga akhirnya, kurang lebih sebulan kemudian pengumuman itu tiba….. yeah, saya BERHASIL! Lolos untuk mewakili Banten untuk program AIYEP 2013 yang akan diselenggarakan pada Oktober 2013 nanti.
Terima kasih untuk orang-orang yang selalu support dalam setiap kegiatan yang saya lakukan, my beloved Ayah dan Mamah, my sisters and brother, sahabat-sahabat, dan semuanya yang telah bantu saya. Love ya all. :*

_______
Ingin tahu kiat-kiat mengikuti seleksi PPAN? keep stalking on my blog. Next, i’ll post ’bout that🙂

One response to “Finally, AIYEP 2013

  1. Thanks udah sharing pengalamannya kak.. insya Allah aku jg mau ikutan daftar ppan, tapi masih bingung nih nentuin pilihan programnya yg mana..
    Adakah info mungkin kandidat sperti apa yg lebih dipilih ke msg2 negara sesuai karakter msg2 programnya mungkin (aiyep, icyep, sseayp, imyep)? Nuhun..

Tinggalkan Balasan

