Magang di Radio SBS Australia

Selasa, 22 Oktober 2013

Jepretan pertama di hari pertama :D

Jepretan pertama di hari pertama😀

Aku bersama Melanie berangkat ke SBS. Tempat magangku dan juga tempat Melanie kerja. Hanya saja, Melanie di SBS TV sebagai produser, aku di SBS Radio sebagai…. yaa sebagai anak magang.😀

Kantor media massa yang terletak di 14 Hebert St Artarmon Sydney itu akan menjadi tempat (belajar) kerjaku selama 3 minggu ke depan. Setiba di gedung yang megah itu, Melanie mengenalkan aku ke beberapa teman kerjanya. Lalu mengantarku ke salah satu ruang on air untuk menemui seseorang. Ricky Kusuma namanya. Dia Executive Producer Indonesian Program. Dia juga yang akan menjadi supervisorku selama magang.

Pertama kali ketemu Pak Ricky, dia sangat friendly and hospitable. Aku yang awalnya canggung dan kikuk berhasil  ‘dicairkan’ oleh pembawaannya. “Alhamdulillah dah orangnya asik” gumamku. Di hari pertama, seperti pada umumnya hari pertama anak magang jerja, aku dikenalkan dengan beberapa orang penting di radio kemudian  di bawa keliling kantor untuk ditunjukan mana dapur, toilet, news room, ruang siaran, dan ruang lainnya.

Waktu zuhur tiba, jam menunjukan pukul 12. 30 pm. Aku meminta Pak Ricky menunjukan dimana tempat solat. Wah ternyata sulit mencari tempat solat disini. Pak Ricky mengantar aku kesana-kemari mencari ruangan agar aku bisa solat. Alhasil, setelah bertanya ke security, aku bisa solat di ruang First Aid.

Usai solat, aku bertanya ke Pak Ricky apa tugas yang bisa aku kerjakan selama magang. You know what, dia gak mau kasih aku tugas. Nah loh😀 Pak Ricky bilang, apa yang ingin aku pelajari disini, skill apa yang aku miliki, bisa dikerjakan disini. “Saya gak mau seperti diktator yang merintah kamu harus bla bla bla bla… kamu mau belajar apa akan saya bantu, apa yang kamu bisa, tunjukin aja.” Ya Allah beruntung sekali aku dapat supervisor seperti dia. Akhirnya aku berinisiatif untuk mengelola akun Facebook dan Twitter SBS, karene beliau (ngakunya) agak gaptek dengan sosial media, dan aku mengusulkan untuk menulis feature tentang Baduy, salah satu suku di Banten, tentang Badak Jawa yang populasinya harus terus dijaga dan juga tentang AIYEP program. Dan Pak Ricky setuju dengan semua usulan itu. Yeah……

Itu dia penampakan Pak Ricky ^^

Itu dia penampakan Pak Ricky ^^

Hari pertama kerja sangat menyenangkan, terlebih aku memiliki supervisor yang sangat baik dan sederhana, padahal dari obrolan-obrolan aku dengan Pak Ricky, aku tahu dia orang yang sangat berada. Saat hari itu, Pak Ricky mengantar aku ke mall dekat kantor untuk memperbaiki hanphoneku yang sedang bermasalah, pakai mobil Mercy! Alamaaakk… seumur-umur baru kali ini aku naik Mercedes Benz. Di kantornya, masih ada dua mobil miliknya yang terparkir. Ah pokoknya Pak Ricky nih keren dimataku, gak bisa digambarkan dengan kata-kata. You are inspiring, Pak! ^^

One response to “Magang di Radio SBS Australia

Tinggalkan Balasan

