Thanks AIYEP! Akhirnya Saya Ke Luar Negeri!

AUSTRALIA, I’M COMING!

Ukiran sejarah lainnya dalam hidup saya datang pada bulan Oktober 2013. Tepatnya pada tanggal 13 Oktober 2013, dimana mimpi saya untuk ke luar negeri akhirnya bisa tercapai. Tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa mimpi kecil saya ini bisa terwujud. Benar-benar masih terasa seperti mimpi sampai akhirnya saya tersadar bahwa ini nyata ketika saya menginjakan kaki di Sydney International Airport. Yeaay, Australia, i’m coming!

***
Saya beserta 17 peserta lain mewakili masing-masing provinsi berada di Australia selama dua bulan untuk menjalankan visi cross cultural understanding melalui program Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP). Banyak program menarik yang harus kami jalankan selama program ini berlangsung, seperti Cultural Performance, Courtesy Call, Work Placement dan sebagainya yang kesemua program ini menjadi pengalaman baru dan berharga bagi saya sendiri dan saya rasa bagi peserta yang pernah mengikuti program ini.

Baiklah, disini saya akan paparkan kegiatan apa saja yang kami jalankan selama di Australia.
*Welcoming Orientation
Peserta program akan bertemu dengan koordinator The Communication Network, yaitu Mr. Deane Edgecome, yang merupakan penanggungjawab program selama di Australia. Dalam kegiatan orientasi ini, Mr. Deane akan mencoba mengenal karakter setiap peserta dengan baik. Selain itu, dalam orientasi ini peserta akan diberikan pengetahuan bagaimana cara menjalani kehidupan di Australia seperti penggunaan public transportations, penggunaan mobile phone, kegiatan keluarga di Australia dan lain sebagainya.

*Host Family
Setiap peserta akan mendapatkan kesempatan untuk tinggal di rumah penduduk yang berbeda selama program. Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta dapat mempelajari cara hidup dari setiap keluarga yang ditinggali, memberikan sesuatu hal yang baik atau belajar hal yang baik demi pembentukan pribadi yang lebih baik di masa depan. Disisi lain, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk menambah relasi dan kolega serta keluarga baru.

1614477_10202334327711640_1005440690_o

Bersama keluarga angkat

*Work Placement
Saya dan teman-teman program mendapat kesempatan kerja. Saya sendiri selama di Australia magang di SBS Radio, ABC Radio, dan di salah satu SD di Australia. Program magang ini untuk mempelajari cara kerja dan memahami lingkungan kerja serta mengambil sisi positif yang mungkin dapat diaplikasikan untuk hal yang lebih baik di masa depan. Kegiatan ini juga dapat memberikan kesempatan kepada seluruh peserta program untuk dapat memperluas jaringan kerjasama.

919133_10202334321551486_1849318235_o

Magang di SBS Radio

*Courtesy Call
Kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah temu ramah. Pada dasarnya kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para penyelenggara kegiatan ini dan kepada mereka yang mendukung hingga program ini dapat dilaksanakan. Di sisi lain, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ajang pembelajaran kepada setiap peserta program untuk menyampaikan pendapat dan berbicara di depan umum dengan dan atau tanpa persiapan.

*Cultural Performance
Cultural Performance (CP) adalah kesempatan untuk menunjukkan keragaman budaya Indonesia melalui ragam tarian, lagu, atau bentuk-bentuk kesenian lain dan memamerkannya kepada publik Australia. Mengapa harus dengan cara ini? Karena seni adalah bahasa yang universal untuk berkomunikasi. budaya Indonesia, kepercayaan diri untuk tampil di atas panggung dan motivasi yang kuat untuk belajar. CP hanyalah alat, sarana, tool, untuk menyampaikan pesan budaya.

Untuk mengetahui program AIYEP selengakya, just watching the video below :)

Gimana, programnya menarik kan? Ayo siapkan diri kamu untuk jadi peserta AIYEP selanjutnya. Program ini setiap tahun loh!🙂

NB : Beberapa cerita selama saya di Australia juga sudah saya posting, just  scroll down 🙂

Tinggalkan Balasan

