Yang Harus Disiapkan Sebelum Backpack Sendirian

Mulanya saya juga nggak pernah terpikir kalau bisa ke luar negeri seorang diri. Ya, sendiri…. tiada seorang pun menemani. Bahkan, beberapa teman saya mengira saya gila bepergian ke negeri orang sendiri. Pertama kalinya pula! Kadang, kita perlu melakukan “kegilaan” buat mewujudkan apa yang kita inginkan.

***
Siapa sih yang nggak pengen ke luar negeri? Saya adalah orang yang emang punya mimpi bisa ke luar negeri sejak kecil. Ketika saya udah se-gede ini, saya pikir saat yang tepat buat mewujudkan mimpi itu.

Sepulang dari Australia dari program AIYEP, dua bulan berikutnya saya ke Singapura dan Malaysia. Jalan-jalan ala backpacker gitu. Sendirian. Tentu saya sudah melakukan persiapan sematang mungkin sebelum saya backpack sendirian. Saya juga nggak mau dong tersesat di negeri orang. Bisa-bisa jadi TKI Ilegal! Oh NO!

Nah, sebagai referensi dari yang pernah saya lakukan, berikut ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan kalau mau backpack sendirian.
1. Tentukan Negara Tujuan
Saya memilih negara Singapura dan Malaysia sebagai negara pertama yang saya datangi seorang diri. Bukan tanpa alasan, karena di kedua negara itu masih banyak WNI yang bisa kita temui. So just in case ada hal-hal yang nggak diinginkan terjadi, yaaa kita masih bisa lah minta tolong sama orang-orang Indonesia yang ada di negara itu. Dan ternyata benar, setibanya saya di kedua negara itu, emang banyak sekali warga Indonesia disana.

Menentukan kemana akan kita pergi itu perlu, karena kita bisa mempelajari negara tujuan sebelum kita kesana. Bagaimana budayanya, transportasinya, lingkungannya, dan lain sebagainya. Kita bisa tanya om google buat cari tau negara tujuan.

2. Booking Tiket Pesawat dan Hotel di Indonesia
Sesuai yang saya alami, saya lebih merekomendasikan untuk mengurus tiket pesawat dan booking tempat penginapan dilakukan di Indonesia. Agar setiba di negara tujuan, waktu kita nggak habis buat urus tiket atau nyari-nyari tempat penginapan. Lebih baik pesan tiket pesawat berangkat dan pulang di Indonesia. Lalu buat penginapan, banyak kok situs pencari penginapan yang bisa kita temukan di internet. Biasanya saya pakai agoda.com. Disana kita bisa menyesuaikan dengan budget yang udah kita anggarkan. Jadi ini lebih efektif.

3. Cari Tau Transportasi yang Digunakan
Ketika kita mau ke suatu negara, kita juga harus tau moda transportasi apa saja yang akan kita gunakan setiba disana. Sehingga kita juga bisa menganggarkan budget buat transportasi selama di negara tujuan. Ya meskipun pasti nggak akan sesuai, seenggaknya kita punya estimasi budget buat trasnportasi selama backpack.

4. Susun Itinerary di Indonesia
Ini penting banget. PENTING! Kita harus menyusun rencana perjalanan/itinerary sebelum berangkat. Hal ini penting sebagai panduan perjalanan kita. Agar waktu kita nggak habis percuma hanya buat memikirkan kemana kita akan pergi ketika sudah sampai tempat tujuan. Misal, hari pertama kita mau mengunjungi tempat apa saja, hari kedua kemana, dan seterusnya. Buat seorang backpacker, memanfaatkan waktu semaksimal mungkin itu penting. Karena waktu kita di negara tujuan itu terbatas, nggak mau dong waktu terbuang sia-sia hanya karena kita kurang persiapan?

5. Tukar Uang Asing di Indonesia
Sebenarnya di setiap bandara juga biasanya ada Money Changer. Jadi kalau nggak sempat tukar uang, kita bisa menukarnya ketika di bandara. Tapi alangkah lebih baiknya jika kita menukarkan uang jauh-jauh hari sebelum kita berangkat. Siapkan uang asing sesuai dengan budget yang telah kita anggarkan selama backpack. Jangan sampai kekurangan. Anggarkan juga uang buat anggaran tak terduga.

6. Bawa Perlengkapan Sebutuhnya
Namanya juga backpackingan, bukan jalan-jalan tamasya atau pelesiran. Jadi bawa perlengkapan sebutuhnya aja. Kalau mau backpack paling lama 5-7 hari, nggak perlu kok bawa pakaian sekoper. Misalnya cukup bawa 1 jeans, 2 kaos buat tidur, dan 2 pakaian jalan. Kita backpacking kan, bukan mau fashion show?😀
Hal lain yang tentu nggak boleh ketinggalan adalah bawa perlengkapan mandi, perlengkapan shalat, sendal teplek, dan bawa botol minum. Sebenarnya perlengkapan mandi dan sebagainya juga bisa kita beli di negara tujuan. Tapi kalau mau hemat dan nggak ribet, bawa dari rumah aja.

7. Jaga Baik-baik Kartu Identitas
Jangan pernah mengabaikan sama yang namanya KTP atau Paspor. Kalau mau aman dan selamat, dua kartu identitas itu amat sangat penting buat dijaga.Kalau bisa, siapkan tempat khusus seperti map buat menyimpan kartu identitas seperti KTP, Paspor, atau berkas administrasi lainnya seperti tiket pesawat.

Selanjutnya, selamat nge-backpack! Backpack sendirian itu seru loh. Kita bisa tau sampai mana batas kemampuan kita bertahan hidup di negeri orang. Bagaimana beradaptasi di lingkungan baru, bagaimana mencapai apa yang sudah kita rencanakan. Bagaimana kita bisa melewati tantangan-tantangan yang kadang tidak terduga. Dan kalau itu semua sudah bisa kita lewati, akan ada kepuasan sendiri. Lalu seolah menjadi candu untuk bisa backpack lagi.🙂

Tinggalkan Balasan

